Layanan konseling via emailEmail Counselling
+ +

Love our website? Signup to our list to keep current on the awesome stuff we’re doing.

Program Tes VCT untuk Pencegahan Virus HIV

madanionline(dot)org – VCT adalah Voluntary Counselling and Testing. Diartikan sebagai konseling dan tes HIV sukarela (KTS). Layanan ini bertujuan untuk membantu pencegahan, perawatan, serta pengobatan bagi individu yang terpapar virus HIV/AIDS.

VCT bisa dilakukan di puskesmas, rumah sakit, maupun klinik penyedia layanan VCT. HIV/AIDS masih menjadi persoalan kesehatan global yang signifikan, terutama di negara-negara berkembang. Adanya VCT sangat berperan dalam mencegah penyebaran virus tersebut.

Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) telah meluncurkan panduan VCT yang berguna dalam mendeteksi dan menangani HIV secara global. Pedoman tersebut kemudian diterapkan di berbagai negara, khususnya negara berkembang.

Pada prinsipnya VCT bersifat rahasia dan dilakukan secara sukarela. Artinya, hanya dilakukan atas inisiatif dan persetujuan seseorang yang datang pada penyedia layanan VCT untuk diperiksa. Hasil pemeriksaan pun terjaga kerahasiaannya.

Tes VCT selalu dilakukan di Yayasan Pusat Rehabilitas Madani Mental Health Care, dilakukan hanya pada santri-santri dengan Diagnosa Naza, karena dengan pemakaian dan perilaku yang menyimpang selalu terjadi pada pasien-pasien NAZA.

Madani selalu rutin melakukan tes VCT selama masa program, biasanya dilakukan pada santri yang sudah menjalani tiga bulan masa rehabilitasi atau sedang menjalani masa rehabilitasi. Dilakukan dengan sukarelawan dan persetujuan antara pasien dan keluarga klien. Karena tes VCT merupakan program dari Madani.

Madani melakukan tes VCT untuk mencegah penyebaran virus pada klien-klien yang terindikasi terkena HIV pada klien dengan diagnosa NAZA.

Penulis : Andriyan Lutfi Arif. S. Kep
Editor : Mohamad Istihori

591 Total Views 3 Views Today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Layanan konseling via emailEmail Counselling
+ +