Layanan konseling via emailEmail Counselling
+ +

Love our website? Signup to our list to keep current on the awesome stuff we’re doing.

UJams, “Hidup Sehat dengan Metode Terpadu BPSS”

(Catatan 10, Memeringati HAS 1 Desember 2017)

Kalau kita ingin mencoba menjauhi dari hal-hal tersebut tentunya kita harus hidup sehat, lingkungan kita sehat, dan kita juga harus tahu informasi dan pengetahuan tentang apa saja masalah, gejala, atau faktor yang bisa menyebabkan itu terjadi pada diri kita.

Bagi mereka yang sudah tidak pernah mungkin melakukan hal-hal yang aneh-aneh juga bisa terkena dampaknya. HIV/AIDS bisa menular dikarenakan ada teman yang juga mungkin tidak diketahui secara asas tidak disengaja maupun disengaja.

Saya punya buku yang menarik. Buku karya dari Prof. Dr. dr. H. Dadang Hawari, Psikiater mengenai HIV/AIDS. Beliau sangat konsentrasi untuk masalah patologi sosial atau berbagai masalah yang ada di masyarakat seperti ini. Beliau juga sangat konsentrasi dalam membahas berbagai akibat dari terjadi HIV/AIDS.

Kita tidak mau bangsa kita hancur oleh HIV/AIDS. Kita sebagai orang yang saat ini peduli dan kita terus memeringati HAS pada 1 Desember 2017, ingin mengajak semua orang, baik ODHA atau tidak untuk komitmen hidup sehat.

Prof. Dadang Hawari mengajarkan kepada kita dalam buku ini cara hidup sehat secara biologi, psikologi, sosial, dan spiritual. Empat unsur ini menjadi bagian kehidupan yang tidak boleh diputus satu dengan yang lainnya karena terintegrasi. Semuanya harus kita jalankan secara bersama.

Mungkin orang utan hampir punah karena kebakaran hutan dan lain-lain tapi dalam gambar di buku ini ia bertanya kepada manusia, “Mungkin Anda prihatin dengan masa depan kami. Padahal kami juga prihatin dengan masa depan Anda dari ancaman AIDS. Kecepatan penularan lima orang per menit”. Luar biasa menakutkan.

Hidup sehat adalah pilihan. Kalau kita mau sehat itu pilihan. Kalau kita mau sakit itu juga pilihan. Mari kita jaga lingkungan sedemikian rupa. Pilihlah teman-teman yang baik. Pilihlah lingkungan yang baik. Jauhi narkoba dan perzinahan.

Buat yang ingin menikah pun, ingin meminang istri, calon suami harus berterus terang kepada calon istrinya perihal keadaan dan kondisinya yang sesungguhnya. Sekarang sudah ada yang namanya wajib untuk mengikuti tes HIV/AIDS.

Itu saya kira logis. Perempuan yang tidak bersalah bertemu dengan laki-laki yang salah, ini bisa membahayakan generasi selanjutnya. Bagi ODHA perlu kita ajak mereka untuk menjaga kehidupannya, kesehariannya, cara bergaulnya, dan makannya untuk tetap menjaga kesehatan.

Virus HIV akan berhenti kalau pola hidup ODHA lebih sehat, lebih baik, dan tentunya yakin bahwa ada Tuhan Yang Maha Menyembuhkan. Ada Tuhan Yang Maha Mengampuni kepada mereka yang mau kembali.

Yang lalu biarlah berlalu. Sudah tidak apa-apa. Sekarang selama masih ada kehidupan yang Allah berikan, maka jadikan hal tersebut sebagai sebuah kesempatan emas untuk memperbaiki diri.

(Editor: Mohamad Istihori)

Video

1512 Total Views 6 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Layanan konseling via emailEmail Counselling
+ +