Layanan konseling via emailEmail Counselling
+ +

Love our website? Signup to our list to keep current on the awesome stuff we’re doing.

Tasawuf-nya Aa Gym

Oleh : Julizar Firmansyah, S. Sos., M. Hum.

Buku ini menurut penulis adalah literatur tasawuf popular yang ditulis oleh Abdullah Gymnastiar atau Aa Gym, seorang dai yang juga bisa dibilang tokoh sufisme kontemporer.

Karyanya yang diterbitkan MQ Publishing ini terdiri atas lima langkah: (1) pengenalan diri (2) pembersihan hati (3) pengendalian diri (4) pengembangan diri dan (5) makrifatullah, serta ditutup dengan quantum qolbu.

MQ atau Manajemen Qolbu bukanlah hal baru dalam Islam. Konsep ini hanya sebuah format dakwah yang bersumberkan Al-Quran dan al-Hadits. Hanya saja, inti kajiannya lebih diperdalam pada masalah pengelolaan kalbu. Dalam konsep MQ, tiap keinginan, perasaan, atau dorongan apapun yang keluar dari dalam diri seseorang akan tersaring niatnya sehingga melahirkan kebaikan dan kemuliaan serta penuh manfaat. Tak Cuma bagi kehidupan dunia, tapi juga untuk akhirat kelak.

Lebih dari itu, dengan pengelolaan yang baik, maka seseorang juga dapat merespons segala bentuk aksi atau tindakan dari luar diri, positif atau negatif, secara proporsional. Respons yang dikelola dengan sangat baik ini akan membuat reaksi yang dikeluarkannya menjadi positif dan jauh dari hal-hal mudarat.

Satu istilah khas puncak pencapaian spiritual dalam tasawuf yang digunakan dalam buku ini adalah makrifatullah. Berkaitan dengan pengenalan terhadap Allah, Aa mengatakan bahwa langkah akhir dari upaya mengelola hati seperti yang telah berulang kali diungkapkan adalah kecondongan diri kita kepada Allah. Kalbu yang bersih dan terjaga harus senantiasa fokus kepada Allah demi menghidupkan dan membinarkan terus-menerus pusat kepemimpinan di dalam diri kita yaitu Allah Azza wa Jalla.

Tahap tertinggi dalam pengenalan diri, pembersihan hati, pengendalian diri, dan pengembangan diri adalah jalan menuju rida Allah SWT. Insya Allah, kata Aa, istikomah pengelolaan hati akan terjaga dengan senantiasa kita berpikir dan berikhtiar semata-mata demi Allah serta melakukan dzikrullah semata-mata untuk mendekatkan diri dan mengingat Allah SWT.

Walau judul buku ini ada embel-embel “for beginners”, kontennya bukanlah uraian rendahan. Seperti ditulis Bambang Trim, “…sebutan pemula bukan berarti sebutan “meremehkan” karena segala sesuatu ada dari kebermulaan dan segala sesuatu sangat ditentukan oleh permulaan. Buku ini hadir sebagai sebuah jembatan bagi kita semua yang mau memulakan upaya-upaya memperbaiki diri lewat manajemen qolbu.”

Judul : Jagalah Hati: MQ for Beginners
Penulis : Abdullah Gymnastiar
Penerbit : MQ Publishing, Bandung
Isi : xviii + 145 hlm

75 Total Views 3 Views Today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Layanan konseling via emailEmail Counselling
+ +