Puasa dapat Meminimalisir Penyesalan

Pembicara : Ust. Harid Isnaeni, S. Sos. I.

Al hamdulillah kita masih bisa menikmati bulan Romadhon tahun ini. Kita masih dapat menikmati keindahan Romadhon yang penuh berkah. Kita masih dapat menikmati suasana saat tutup puasa, berbagi, dan berbagai aktivitas yang kita lakukan selama Romadhon.

Tentunya dalam hidup ini kita harus senantiasa bersyukur. Termasuk dengan nikmatnya Romadhon ini. Sebab tidak ada jaminan kita dapat menikmati kembali Romadhon di tahun yang akan datang.

Mungkin tahun depan kita sudah terkubur dalam tanah. Bisa juga tahun depan wajah kita sudah menjadi “sampul surat Yasin”. Tidak mustahil tahun ini adalah kesempatan terakhir kita untuk berkumpul bersama. Karena bisa saja tahun depan nyawa kita sudah diambil oleh yang punya.

Oleh karena itu momentum Romadhon kali ini selayaknya kita maksimalkan dengan mengisinya dengan berbagai kegiatan yang positif dan bermanfaat bagi sebanyak mungkin orang. Dengan hal-hal yang dapat bernilai ibadah.

Waktu diisi apapun ia akan tetap berlalu. Demikian juga dengan Romadhon. Jangan sampai begitu Romadhon pergi, kita berselimut dengan berbagai penyesalan. Menyesal karena malas tadarus al Quran (misalnya).

Semakin Romadhon berjalan ke depan, kita harus semakin bersemangat menjalankan berbagai macam kebaikan. Bukan semakin dekat dengan lebaran, ibadah malah semakin kendor. Ini merupakan cikal bakal penyesalan kita setelah ditinggalkan Romadhon.

Orang rajin saja masih menyimpan penyesalan (mengapa kemarin saya tidak lebih rajin). Apalagi orang yang malas. Penyesalan orang yang malas dua kali lipat dari orang yang rajin.

Semoga Romadhon kali ini mampu menjadikan diri kita pribadi yang lebih baik. Pribadi-pribadi yang mampu memberikan kesejukan kepada orang lain. Dengan Romadhon tahun ini kita berharap kualitas ketangguhan mental dan rohani kita menjadi semakin kuat dan kokoh sehingga kita siap berjuang menjalankan segala kewajiban yang Allah berikan kepada kita.

(Kultum Romadhon Madani 1439 H / 2018 M)

Video

252 Total Views 3 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Layanan konseling via emailEmail Counselling
+ +