Puasa dan Kesehatan Spiritual

Pembicara : Ust. Ahmad Jami Hw. S. Sos. I.

Dalam 12 bulan ada 1 bulan yang spesial yang Allah berikan kepada manusia. Nama bulan tersebut adalah Bulan Romadhon. Allah melipatgandakan ganjaran pahala di Bulan Romadhon. Pahala mubah di luar Romadhon jadi pahala sunah saat Romadhon. Pahala sunah di luar Romadhon jadi pahala wajib ketika Romadhon. Dan, pahala wajib di luar Romadhon dibalas dengan kelipatan yang tak terbatas jika terjadi pada Bulan Romadhon.

Bagi siapa saja yang mengharapkan cinta dan kasih sayang Allah, telah dilimpahkan pada 10 hari pertama Romadhon. Sedangkan pada 10 hari kedua Allah tebarkan ampunan. Karena memang sebagai manusia kita tidak akan pernah luput dari dosa. Dan, 10 hari ketiga Romadhon adalah saat di mana kita mendapatkan jaminan terbebas dari api neraka.

Dalam surat al Baqoroh ayat 183 Allah berfirman, “Wahai orang-orang yang beriman diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana telah diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu supaya kamu sekalian menjadi orang yang bertakwa.”

Pernah kah kita lihat ada kaki bergantungan di rumah makan saat siang hari ketika Romadhon? Kira-kira yang masuk rumah makan tersebut orang Islam atau bukan? Itu memang orang Islam tapi sayangnya mereka belum beriman.

Hanya orang Islam yang berimanlah yang memiliki kekuatan untuk melakukan puasa dengan baik. Apa yang sedang kita tuju dengan puasa? Yaitu menjadi orang yang bertakwa. Al Muttaqiin merupakan pencapain spiritual tertinggi yang belum tentu mampu dicapai oleh setiap orang Islam di dunia ini.

Orang yang sudah mampu mencapai derajat atau level Al Muttaqiin akan selalu dimudahkan urusannya oleh Allah. Lalu apa hubungan puasa dengan kesehatan spiritual. Sebelumnya ada baiknya kita coba definisikan terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan spiritual.

Spiritualitas adalah apa yang tidak mampu kita lihat dan gambarkan tetapi mampu kita rasakan. Tidak ada seorang pun yang mampu mengawasi ibadah kita kecuali Allah dan diri kita sendiri. Kalau kita memang memiliki keinginan untuk berpuasa dengan baik maka kita sendiri yang akan menjaga puasa tersebut dengan maksimal.

(Kultum Romadhon Madani 1439 H / 2018 M)

Video

264 Total Views 3 Views Today

One thought on “Puasa dan Kesehatan Spiritual

  • 19/06/2018 at 7:49 pm
    Permalink

    Alhamdulillah 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Layanan konseling via emailEmail Counselling
+ +