Layanan konseling via emailEmail Counselling
+ +

Love our website? Signup to our list to keep current on the awesome stuff we’re doing.

Program Bimbingan Kelompok di Graha Madani

madanionline.org – Panti Rehabilitasi Madani memiliki berbagai program yang membantu para kliennya untuk mencapai pemulihan. Program-program di Madani merupakan program yang memadukan unsur biologis, psikologis, sosial, dan spiritual (BPSS).

Salah satu program di Madani adalah program bimbingan kelompok. Program ini bertujuan agar para klien (santri) mampu mengatasi berbagai masalah yang dihadapi, menemukan makna dalam hidup, bisa menangani gangguan emosional, adabtatif terhadap lingkungan serta masyarakatnya, mencapai kebahagiaan, mampu mengambil keputusan, dan mencapai aktulisasi diri.

Ust. Harid menjadi pembimbing program ini. Para santri Madani yang kondusif diharuskan mengikuti Bimbingan Kelompok. Kegiatan digelar di Ruang BPSS, kadang di Musholla Madani, dan kadang juga di ruang menonton TV.

Para santri mendapatkan program tersebut seminggu sekali. Setiap Selasa mulai pukul 14.00 sampai dengan 15.00 WIB. Layaknya sebuah ceramah yang dimulai dengan mukadimah dan diakhiri dengan penutup. Begitu pula bimbingan kelompok yang dimulai dengan tahap pendahuluan, tahap peralihan, tahap kegiatan, dan tahap pengakhiran.

Secara detail alur bimbingan kelompok adalah sebagai berikut :

Tahap Pendahuluan
Membuka dengan salam. Pemimpin kelompok mengucapkan salam kepada anggota kelompok. Dilanjutkan dengan menjelaskan tujuan, pengertian, dan asas pada program ini kepada santri (klien) yang menjadi anggota kelompok, dilanjutkan dengan menjelaskan langkah-langkah kegiatan bimbingan kelompok ini.

Selain itu, di tahap ini Pemimpin kelompok mengajak anggota kelompok menyampaikan kondisi yang dirasakan saat itu serta melakukan permainan pengakraban untuk menciptakan suasana akrab dan rileks.

Berikutnya, memberikan motivasi kepada klien (santri) untuk mengungkapkan harapannya dan membantu merumuskan tujuan bersama yang ingin dicapai dalam program yang diikuti ini.

Berikutnya adalah tahap peralihan di mana pemimpin kelompok memberi kesempatan bertanya kepada setiap kelompok tentang hal-hal yang belum mereka pahami (disesuaikan dengan tema). Dan, tentunya terus memotivasi anggota untuk terlibat aktif dalam program ini.

Tahap Kegiatan
Dalam tahap ini pemimpin kelompok mencoba mengemukakan suatu masalah atau topik yang akan dibahas secara bersama dengan topik  bersifat umum, disesuaikan dengan kebutuhan anggota kelompok dan diketahui setiap anggota kelompok. Dalam prosesnya pemimpin kelompok mempertajam topik yang akan dibahas. Pemimpin kelompok terus mendorong tiap santri (anggota kelompok) untuk terlibat aktif saling membantu.

Pemimpin kelompok memfasilitasi tanya-jawab antaranggota kelompok dengan pemimpin kelompok tentang hal-hal yang belum jelas mengenai topik permasalahan yang akan  dibahas. Dan tentunya, pemimpin kelompok memfasilitasi anggota kelompok mengungkapkan ide, gagasan, dan pendapatnya tentang topik yang sedang dibahas.

Pemimpin kelompok juga memfasilitasi dan mengarahkan anggota kelompok membahas topik secara mendalam dan tuntas demi tercapainya tujuan bersama. Untuk mengurangi ketegangan dan kelelahan, dalam prosesnya pemimpin kelompok mengajak anggota melakukan kegiatan selingan yang bersifat menenangkan bila mungkin perlu diadakan permainan.

Pemimpin kelompok memberikan kesempatan kepada setiap anggota kelompok untuk menyampaikan akan komitmen hasil yang ingin dicapai dari program ini serta mereviewnya.

Tahap Pengakhiran
Santri (anggota kelompok) bisa mengungkap kesan dan keberhasilan yang dicapai dari kegiatan yang sudah dilakukan. Serta, mampu merangkum proses dan hasil yang dicapai dan dapat mengungkapkan kegiatan lanjutan yang penting bagi anggota kelompok dan menginformasikan bahwa kegiatan sudah selesai.

Setiap santri (anggota kelompok) juga diberi kesempatan menyampaikan pesan dan harapan pada pertemuan selanjutnya. Kegiatan bimbingan kelompok ini  pun diakhiri dengan do’a bersama-sama.

Penulis : Harid Isnaini

Editor : Mohamad Istihori

637 Total Views 3 Views Today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Layanan konseling via emailEmail Counselling
+ +