Perjuangan Melawan Stigma terhadap Para Mantan Pecandu Narkoba

(Catatan Keempatbelas Family Support Group Bersama Bunda Melanie Hermanto di Studio Madani, 8 April 2017 – Selesai)

madanionline.org – Mindset masyarakat kita terhadap mantan pecandu narkoba memang masih sangat mengkhawatirkan. Maka kita membangun sendiri komunitas kita ini agar mandiri. Agar tidak melulu bergantung pada siapa pun lagi.

Kita punya cleaning service, peternakan kelinci, usaha makanan, dan loundry kiloan. Mereka dapat uang. Mereka belajar menabung. Al hamdulillah dari tahun 1998 sampai hari ini mereka sudah mampu membeli rumah sendiri.

Jadi, satu kompleks itu semua adalah para mantan pecandu narkoba yang masih menjalani program pemulihan after care. Itu semua adalah perjuangan kita melawan stigma terhadap para mantan pecandu narkoba. Kita tidak usah pusing dengan semua stigma tersebut. Kita harus buat movement. Kita harus terus bergerak ke depan.  

Kalau orang tua berpikir nanti setelah menjalani program pemulihan di Madani, anak-anak kita malah bekerja sama untuk hal-hal yang negatif, saya pikir itu kembali lagi ke individu mereka masing-masing.

Saya percaya di Madani ini diajarkan nilai-nilai hidup. Mereka akan terlahir kembali untuk menjadi manusia baru. Kecuali memang mereka sendiri yang tetap memilih untuk menjadi manusia yang seperti dulu lagi.

Kita harus banguan the power of family di FSG Madani. Bagaimana keluarga ini memiliki kekuatan untuk menghadapi narkoba yang terus mengkudeta otak anak dan keluarga kita. Kita di FSG merupakan keluarga besar. Kami FSG yang di 1998 sampai hari ini masih terus membangun kebersamaan dan kekompakan.
Kita masih duduk bareng untuk sekedar sharing. Kita juga kadang piknik dengan berbagai macam tingkat sosial, pendidikan, perbedaan agama. Semua itu tidak menjadi alasan untuk kami untuk tidak terus bersama.

Karena kita memiliki persoalan yang sama. Karena proses pemulihan ini adalah proses yang berlangsung seumur hidup. Kapan selesainya? Selesainya dia atau kita duluan yang meninggal dunia. Karena narkoba ini menyerang otak, cara berpikir, dan perilaku

Oke saya rasa cukup untuk FSG kali ini. Kita akan bertemu dalam FSG Madani berikutnya bersama dengan teman-teman saya di FSG saya yang sebelumnya. Terima kasih dan mohon maaf jika ada kata-kata dari saya yang kurang pas.

(Mohamad Istihori, 14 April 2017)

177 Total Views 9 Views Today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Layanan konseling via emailEmail Counselling
+ +