Peran Islam dalam Masyarakat Modern

Pembicara : Ust. Samsuludin, MA., Si.

Saat ini kita hidup di zaman yang serba modern. Abad ke-21. Tantangan zaman dan beban kehidupannya pun terasa semakin berat. Mulai dari sektor pendidikan, pekerjaan, karir, dan berbagai macam masalah yang kita hadapi.

Disadari atau tidak pada akhirnya modernisme mengantarkan kita pada zaman yang teralienasi. Kita semakin merasa sendiri. Tak ada satu orang pun bersedia menemani. Apalagi saat kita sedang berada dalam kesulitan.

Kehidupan kita yang sebelumnya senantiasa berkelompok erat kini sudah mulai pudar. Ikatan keluarga besar berubah menjadi keluarga kecil. Yang tadinya rumah kita besar dengan berbagai macam dilematikanya kini menjadi rumah-rumah serba minimalis apartemen-apartemen yang terpisahkan satu dengan yang lain.

Semua akan menjadi masalah jika kita tidak segera menyikapinya dengan baik. Mengapa? Karena pada dasarnya manusia memiliki kebutuhan yang paling fundamental (dasar) yaitu kebutuhan sosial. Kebutuhan untuk berkelompok dan berserikat.

Manusia juga memiliki kebutuhan spiritual yang saat ini semakin terkikis karena tuntunan modernisme. Tetapi berbagai macam kemungkinan diperkirakan. Semua keterasingan bisa menjadi sebuah harapan. Menumbuhkan sebuah gerakan. Gerakan yang popular dikenal dengan istilah Golden Age.

Golden age ini melahirkan kembali nilai-nilai spiritual. Generasi emas yang mulai memiliki kesadaran akan pentingnya nilai-nilai agama dalam kehidupan manusia. Meski pun ada segolongan yang berpendapat bahwa bukan agama yang menarik bagi generasi abad ke-21 ini. Tetapi nilai-nilai spiritual yang memikat dan mengikat mereka.

Umat Islam sebagai agama yang menyeluruh, sempurna, global, dan universal memiliki tantangan yang sangat luar biasa di abad 21. Dapatkah umat Islam menjawab tantangan kegerasangan spiritual dan berbagai permasalahan yang kompleks yang dihadapi umat manusia modern saat ini?

Tentu saja jawabnya, iya! Karena dalam Islam tidak hanya mengajarkan ibadah yang ritual. Islam juga mengajarkan berbagai macam ajaran yang mengandung nilai-nilai dan aspek-aspek religiusitas. Mulai pencegahan sampai pengobatan ada dalam Islam.

(Kultum Romadhon Madani 1439 H / 2018 M)

Video

117 Total Views 3 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Layanan konseling via emailEmail Counselling
+ +