Layanan konseling via emailEmail Counselling
+ +

Love our website? Signup to our list to keep current on the awesome stuff we’re doing.

Penyembuhan Cara Tarekat

Oleh : Julizar Firmansyah, S. Sos., M. Hum. *)

Gagasan inti buku tokoh Tarekat Naqsyabandiah ini adalah bahwa manusia adalah totalitas di dalam totalitas yang lebih luas dan kompleks.

Namun lantaran keterbatasan dan kondisi pribadi, realitas itu acapkali luput dari pengamatan manusia. Adalah intuisi yang berpotensi mengetahui beragam dimensi totalitas ini, menumbuhkan “perasaan” untuk merasainya, dan menjalin hubungan dengannya melalui banyak jalan.

Tasawuf mempunyai ajaran penting tentang pemahaman mengenai totalitas kosmis. Bumi, langit, dan seluruh isi dan potensinya, baik yang kasat mata maupun tidak, yang ruhaniah maupun profane, pada dasarnya adalah bagian dari Sistem Kosmis Tunggal yang saling mengait, berpengaruh, dan berhubungan. Inilah filsafat dasarnya.

Metode yang ditawarkan dalam buku ini, yakni melalui terapi sufi, tidak bermaksud menggantikan pengobatan medis. Terapi sufi bersifat melengkapi cara medis. Jika diasumsikan cara lama memiliki pelbagai kekurangan, maka cara baru akan menutupi kekurangan-kekurangan tersebut.

Terapi tasawuf telah jamak dikenal di dunia Barat maupun Timur. Fenomena ini menunjukkan bahwa dalam dunia pengobatan hendaknya tidak hanya beranjak dari sudut pandang tertentu saja.

Terapi sufi amat khas dan unik. Ia telah dipraktikkan berabad-abad lamanya, tapi baru pada era kiwari membetot perhatian yang luas, baik di kalangan medis maupun terapi umum pada khususnya.

Sebagian besar buku ini merupakan hasil wawancara dengan seorang terapis sufi terkemuka dari ordo sufi Naqsyabandiah, yang memaparkan bermacam pengetahuan sufi di bidang terapi yang telah mentradisi ratusan tahun, yang telah disesuaikan dengan pengetahuan medis kontemporer dan lingkungan hidup modern.

Omar Ali-Syah dengan buku ini hendak menegaskan bahwa terapi sufi adalah cara yang tidak bisa diremehkan begitu saja dalam dunia terapi dan penanganan penyakit. Terapi sufi adalah sebuah alternatif penting.

Menurut Anatolio Friedberg, Ph. D., pendiri dan mantan ketua Mexican Association of Family Therapists, mengharapkan agar pendekatan yang diungkapkan dalam perbincangan ini dapat memberi masukan bagi evaluasi yang dilakukan komunitas ilmiah yang memiliki banyak keterbatasan, serta bagi keterbukaan baru saat aspek-aspek kejiwaan dan jasmani manusia yang tak dapat diukur secara sempit.

Judul : Terapi Sufi
Penulis : Omar Ali-Syah
Penerbit : Pustaka Sufi, Yogyakarta
Isi : xii + 312 hlm

*) Penulis adalah mantan dosen filsafat FKM-UI dan kini magang di Yayasan Madani.

75 Total Views 6 Views Today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Layanan konseling via emailEmail Counselling
+ +