Pelatihan yang Memperkaya Pengetahuan

Oleh: Mohamad Istihori

Perbincangan kini dilanjutkan pada persoalan mengenai bipolar. Bro Yudho menjelaskan, “Bipolar itu naik dan turun. Sifat periodiknya adalah cepat. Tiba-tiba dia bisa menjadi manik, nggak berhenti ngomong, dan tiba-tiba merasa sedih.

Bipolar ini sangat nampak. Ketika dia senang, senang sekali dan tiba-tiba bisa menjadi sedih sekali tanpa ada penyebab yang jelas sama sekali. Penderita bipolar saat dalam keadaan normal kondisinya akan datar (flat).”

Bro Yudho menyampaikan juga bahwa psikopat bukan merupakan bagian dari gangguan kepribadian melainkan gangguan psikotik. Selain itu, ia memberitahukan kepada kami mengenai sebuah profesi baru bernama Psikiater Adiksi. Khusus menangani masalah adiksi.

“Di Jakarta, psikiater adiksi ini katanya hanya ada empat orang. Mereka buka praktek dokter umum dan buka praktek di sebuah panti rehabilitasi,” ujar Bro Yudho.

Diskusi lalu kembali kepada pembicaraan tentang gangguan jiwa seperti sebelumnya. Bro Yudho berkata, “Para konselor adiksi ini dalam pengobatannya akan membedakan obat. Seperti manik, ketika yang muncul adalah gangguan manik maka yang obat yang diberikan adalah jenis depresan.

Kalau yang muncul depresinya mereka akan memberikan anti depresan. Kalau bipolar kadang dibiarkan. Dilihat terlebih dahulu mana yang lebih menonjol. Maniknya kah atau depresinya.”

Muncul ide dan pemikiran agar digelar sebuah pelatihan konselor adiksi BPSS. Bro Yudho pun sempat menyatakan terima kasih kepada Madani dan bersyukur kepada Allah karena sudah diberikan kesempatan untuk mengikuti kursus atau pelatihan ICCE Basic Training Course for Addiction Professionals pada 25-29 September 2017 di Jakarta.

“Pelatihan ini memperkaya pengetahuan saya sehingga saya memperoleh ilmu lain selain ilmu BPSS yang sudah saya dapat selama di Madani. Metode dan penjabaran yang mereka berikan adalah juga ilmu. Itu bisa kita jadikan sebuah masukan baru.”

(Jakarta, 9 Oktober 2017)

237 Total Views 3 Views Today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Layanan konseling via emailEmail Counselling
+ +