Orang Beriman Laksana Lebah

Pembicara : Ust. Faisol Mandiraja, S. Pd. I.

Agama menggambarkan, kita sebagai seorang muslim hendaknya laksana seekor lebah. Masalul mukminin kamatsalin nahl. Perumpamaan orang-orang yang beriman adalah laksana lebah. Mengapa harus lebah? Inilah sampai Allah menamakan satu surat di dalam al Quran dengan nama surat an Nahl (Lebah).

Pertama sebagai ciri daripada lebah adalah yang dimakan hanya saripati bunga. Apa maksudnya? Sebagai seorang yang beriman sebaiknya mencontoh apa yang telah dilakukan oleh lebah. Lebah hanya makan saripati bunga.

Artinya, kita harus selektif terhadap makanan dan minuman. Halal atau haram harus bisa seleksi. Kalau halal silakan kita makan. Ketika haram jangan kita makan. Kita sudah diberikan satu pelajaran kehidupan penting oleh seekor lebah.

Lebah hanya memakan saripati bunga. Maka ciri yang kedua yang dihasilkan lebah adalah madu. Madu merupakan salah satu hal yang tidak bisa terlepas dari kehidupan Rasulullah. Beliau selalu minum madu.

Madu banyak mengandung khasiat dan manfaat. Maksudnya madu itu banyak sekali manfaatnya sebagai orang yang beriman harusnya kita bisa memberikan manfaat yang banyak bagi orang lain. Khoirunnas anfa'uhum lin naas. Sebaik-baik manusia adalah mereka yang banyak memberikan kontribusi dan manfaat kepada orang lain.

Ciri ketiga dari lebah adalah kemanapun ia hinggap tidak ada satupun ranting yang patah. Itulah istimewanya lebah. Ke manapun ia hinggap ranting yang kering pun kau tidak akan ia patahkan. Apa maksudnya? Sebagai orang yang beriman kapan dan di manapun kita berada, pantang jadi biang kerok atau biang keladi.

Ciri keempat yang dimiliki oleh lebah adalah jangan coba-coba kita usik. Sekali kita mengusik, kemana pun kita lari akan dikejar. Kita menyelam ke dalam air, masih ditungguin. Maksudnya, sebagai orang yang beriman, musuh jangan dicari tapi ketemu musuh jangan kau lari.

Mudah-mudahan yang singkat ini menjadi satu motivasi buat kita agar bisa mencontoh apa yang telah dilakukan oleh lebah.

(Kultum Romadhon Madani 1439 H / 2018 M)

Video

633 Total Views 3 Views Today

One thought on “Orang Beriman Laksana Lebah

  • 19/06/2018 at 7:44 pm
    Permalink

    Baik  sekali.. Terimakasih  ustads  dan  madani press… menghangatkan iman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Layanan konseling via emailEmail Counselling
+ +