Narkoba Cair dalam Vape

Oleh: Mohamad Istihori

Merokok dengan cara konvensional atau dengan cara yang saat ini sedang menjadi “musim” yakni dengan vape sama-sama memiliki bahaya. Namun, belum banyak orang yang mengetahui bahwa sebenarnya vape yang digadang-gadang dapat menggantikan rokok konvensional memiliki bahaya dua kali lipat. [Boldsky (18/9/2017)]

Para ilmuan yang berasal dari University of Waterloo, Kanada menyimpulkan bahaya yang luar biasa dari vape dikarenakan memiliki perangkat elektrik bertenaga baterai yang berfungsi untuk memanaskan cairan, mengubah jadi uap aerosol, untuk akhirnya dapat dihisap.

Kita pun belum mengetahui dengan pasti apakah cairan yang ada di dalam vape berbahaya atau tidak. Apalagi jika kemudian cairan yang dimasukkan ke dalam vape merupakan cairan yang tergolong kelompok narkoba seperti sabu-sabu cair, liquid metamfetamin, liquid high (senyawa mirip ganja), dan semua jenis narkoba dapat dibuatkan dalam format cair. Maka bahaya vape bukan lagi dua kali lipat jika dibandingkan dengan rokok konvensional tapi menjadi tiga kali lipat.

Namun rokok konvensional bukan berarti tanpa risiko. Prof. Dadang Hawari menjelaskan bahwa rokok (konvensional) merupakan gerbang menuju narkoba. Berbagai cara dilakukan untuk menutupi pemakaian narkoba. Salah satu dari sekian cara yang dipakai adalah seperti memakai narkoba cair menggunakan vape sehingga banyak orang di sekitarnya tidak sadar bahwa yang sedang dihisap merupakan narkoba bukan vape biasa.

Seorang guru di salah satu SMA di Kota Kendari menyita sebuah vape rakitan pada Selasa pagi, 19 September 2017. Selain itu, ia juga menahan satu botol cairan liquid vapor dan satu botol cairan yang belum diketahui kandungannya.

Pun demikian, narkoba apapun bentuknya tetaplah narkoba. Baik itu yang padat atau cair. Setiap pecandu narkoba yang hendak hidup lebih baik dengan cara melepaskan diri dari dunia adiksi tersebut harus menempun proses pemulihan yang memadukan unsur biologis, psikologis, sosial, dan spiritual.

Panti Rehabilitasi Madani Mental Health Care merupakan sebuah pusat rehabilitasi bagi para korban penyalahgunaan dan ketergantungan narkoba serta penderita gangguan jiwa yang berlandaskan pada metode terpadu biologis, psikologis, sosial, dan spiritual.

(Jakarta, 27 September 2017)

360 Total Views 3 Views Today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Layanan konseling via emailEmail Counselling
+ +