Layanan konseling via emailEmail Counselling
+ +

Love our website? Signup to our list to keep current on the awesome stuff we’re doing.

Mengintip Keseruan Program Kemandirian Santri di Madani 2

madanionline(dot)org –  Sebanyak 15 santri, tiga konselor, dan lima OJT ikut serta dalam program kemandirian santri Madani 2020. Agenda yang digelar di Desa Jasinga, Bogor, Jawa Barat ini dilaksanakan mulai Senin-Rabu, 17 sampai dengan 19 Februari 2020. Para santri mendapat berbagai program yang penuh dengan makna dan keseruan selama mengikuti agenda ini.

Pada hari pertama (Senin, 17 Februari 2020), para peserta berangkat dari Jakarta pada pukul 10.00 WIB. Ketiga konselor yang kali ini mendapatkan jadwal mendampingi para peserta adalah Ust. Yuki, Ust. Samsul, dan Ust. Hasan.

Sesampai di lokasi acara dibuka dengan sosialisasi program kemandirian oleh Ust. Yuki dan Ust. Samsul. Selain itu, dibentuk juga kelompok piket dan kelompok program menjadi tiga kelompok.

Program diskusi digelar usai pelaksanaan sholat Maghrib berjamaah. Temanya adalah “Bertasbih bersama semesta di alam, diri, dan pemulihan.” Sedangkan diskusi yang digelar setelah sholat Shubuh berjamaah bertema, “Memuji Allah di alam, diri, dan Al Quran.”

Pada hari kedua (Selasa, 18 Februari 2020), kegiatan dari pagi hingga sore difokuskan pada kegiatan bersama berupa mandi bersama di pemandian air panas. Acara tersebut dimulai pada pukul 09.00 – 14.00 WIB. Ada juga Fun Game di pukul 16.00 – 17.00 WIB.

Usai pelaksanaan sholat Magrib berjamaah digelar kembali diskusi dengan tema, “Menyadari bahwa Tidak Ada Tuhan di Alam dan Diri selain Allah Yang Maha Besar”. Sedangkan tema diskusi pada Shubuh hari adalah, “Semua dari Allah akan Kembali Kepada-Nya Kejadian Baik atau Buruk di Alam dan Diri”.

Pada hari ketiga (Rabu, 19 Februari 2020) dilaksanakan kegiatan jelajah alam ke Curug Cigamea di Desa Cibatok, Pamijahan, Bogor. Acara dimulai pada pukul 09.00 hingga 14.00 WIB.

Perjalanan dari lokasi parkir ke Air Terjun Cigamea sekitar 300 meter. Sebelum berangkat, para peserta melaksanakan makan siang dan dilanjutkan dengan pelaksanaan jama qoshor taqdim (menggabung dan meringkas pada waktu awal) sholat Ashar dan Dzuhur sehingga Dzhuhur menjadi dua rokaat digabung dengan Ashar menjadi dua rokaat yang pelaksanaannya dilakukan di waktu Dzhuhur.

Alhamdulillah semua santri bisa ikut ke air terjun. Mereka semua merasa senang hingga saat pulang sudah tiba. Tepat pukul 09.00 WIB kami berangkat dari Jasinga dan sampai di Madani (Jakarta) pada pukul 17.00 WIB.

Penulis : Ust. Yuki Andi Arfan
Editor : Mohamad Istihori

870 Total Views 3 Views Today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Layanan konseling via emailEmail Counselling
+ +