Layanan konseling via emailEmail Counselling
+ +

Love our website? Signup to our list to keep current on the awesome stuff we’re doing.

Mengenal Terapi BPSS Metode Prof. Dadang Hawari

Oleh : Heriawidija

Terapi BPSS merupakan metode pemulihan dari gejala gangguan kejiwaan yang diprakarsai oleh Prof. Dr. dr. H. Dadang Hawari, Psikiater.

BPSS juga merupakan tolak ukur kesehatan manusia seutuhnya yang sudah diakui oleh Badan Kesehatan Dunia/World Health Organization (WHO) sejak tahun 1984 sebagai alat/cara mengukur kesehatan manusia secara keseluruhan, bila kita sehat secara biologik, sehat secara psikologik, sehat secara sosial, dan sehat secara spiritual maka kesehatan kita sehat secara seutuhnya.

Terapi BPSS adalah cara pemulihan secara bertahap, yang membutuhkan waktu pemulihan yang tidak dapat dilakukan dalam jangka waktu singkat, karena Terapi BPSS memerlukan waktu untuk pemulihannya secara Intensif dan bertahap. Kurun waktu yang paling cepat antara 1 sampai 3 bulan, itupun dengan melihat perkembangannya.

Terapi Biologik
Terapi biologik adalah terapi untuk pemulihan neurotransmitter/susunan syaraf pusat dari gangguan sinyal penghantar syaraf yang mengganggu kinerja syaraf sebagaimana mestinya/yang normal.

Terapi biologik dilakukan dengan meminum vitamin otak untuk memperbaiki kinerja syaraf agar kembali normal, minum vitamin otak ini butuh waktu paling cepat tiga bulan, diminum setiap hari tiga kali sehari sesudah makan secara teratur.

pak wid

Tuhan Yang Maha Esa – Allah Subhanahu wa Ta’ala tidak menurunkan penyakit kecuali menurunkan juga obatnya, bila obat itu mengenai sasarannya, maka dengan seizin Allah SWT penyakit itu bisa disembuhkan”. [HR. Bukhori dan Muslim].

Terapi Psikologik
Terapi psikologik adalah terapi konsultasi yang diharapkan dapat menemukan latar belakang penyakit, keadaan penyakitnya saat ini, melihat solusi yang mungkin bisa dilakukan dan melihat pencegahan agar penyakit tersebut tidak muncul kembali. Konsultasi atau yang disebut juga Konseling ada beberapa konseling, yaitu:

  1. Konseling Individu,
  2. Konseling Kelompok,dan
  3. Konseling Keluarga

Konseling diharapkan dapat membekali individu, kelompok maupun keluarga dalam membimbing individu selama menjalani terapi mendapatkan edukasi penyakitnya yang perlu disadari oleh yang bersangkutan agar dapat diarahkan bagaimana sebaiknya dalam mengikuti terapi, agar dapat mengikuti petunjuk terapi sesuai yang diarahkan.

Terapi Sosial
Terapi sosial adalah terapi dalam menjalin hubungan sosial di lingkungan tertentu. Terapi sosial menjalin hubungan sosial antara satu individu dengan individu lainnya dalam suatu lingkungan. Di mana lingkungan ini ada beberapa lingkungan, yaitu:

  1. Lingkungan rumah,
  2. Lingkungan sekolah/tempat kerja,dan
  3. Lingkungan masyarakat umum

Terapi sosial ini diharapkan dapat dijalin dengan sebaik-baiknya agar ada interaksi sosial yang positif, interaksi sosial yang bermanfaat, untuk mendapatkan hubungan sosial yang sehat.

Terapi Spiritual
Terapi spiritual adalah terapi keagamaan yang tujuannya adalah untuk memperkuat keyakinan kita, kepercayaan kita, keimanan kita terhadap Tuhan Yang Maha Esa – Allah Subhanahu wa Ta’ala dalam menjalani hidup ini yang terkadang ada ujian dari Tuhan Yang Maha Esa yang kita harus cermati sebagai cobaan hidup yang harus kita hadapi dengan bijak.

Terapi spiritual ini kita diajak untuk memperbanyak ibadah kita kepada Tuhan Yang Maha Esa agar ketabahan kita muncul, agar kesabaran kita muncul, agar keikhlasan kita semakin baik dalam menjalani cobaan hidup kita ini.

Dalam suatu kesulitan di situ ada suatu kemudahan”. [QS. Asy Syarh, 94: 5-6]

Dalam menjalani hidup ini ternyata memang harus berhati-hati, terutama terhadap apa yang mungkin dapat berakibat buruk terhadap kesehatan jiwa kita. Jagalah kesehatan jiwa kita dengan cara menjaga kesehetan biologik kita, menjaga kesehatan psikologik kita, menjaga kesehatan sosial kita dan menjaga kesehatan spiritual kita agar kita dapat mencapai sehat secara biologik, sehat secara psikologik, sehat secara sosial dan sehat secara spiritual yang artinya kita sudah berusaha menjaga kesehatan  kita secara jasmani dan rohani, sehat seutuhnya.

Editor : Mohamad Istihori

937 Total Views 9 Views Today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Layanan konseling via emailEmail Counselling
+ +