Layanan konseling via emailEmail Counselling
+ +

Love our website? Signup to our list to keep current on the awesome stuff we’re doing.

Lima Jurus Aa Gym

Oleh : Julizar Firmansyah, S.Sos., M.Hum *)

Menurut Aa Gym, “… betapa indah dan mudahnya hidup ini apabila kita diurus oleh Allah SWT.

Hidup sebenarnya tidaklah rumit, yang rumit adalah cara kita menjalani hidup yang sering keliru. Manusia mempersulit diri dengan sikapnya sendiri. Padahal Allah sudah memberikan panduan dengan Al-Quran dan keteladanan baginda Nabi Muhammad SAW secara terang benderang.”

Lima jurus yang menyebabkan Allah SWT mengurus hidup kita adalah: (1) Hati harus tulus. (2) Ibadah harus bagus. (3) Hidup harus lurus. (4) Ikhtiar harus serius. (5) Taubat terus menerus.

  1. Hati harus tulus

Rasulullah SAW bersabda, “Sungguh, dalam jasad ada sekerat daging. Jika ia baik akan baik seluruh jasad. Sebaliknya, jika ia buruk seluruh jasadnya akan menjadi buruk. Sekerat daging itu adalah qalbu (hati).” (HR Bukhari, Muslim).

Hanya hati yang bersih yang peka menangkap setiap kebaikan. Berbagai kejadian di sekitarnya selalu bisa disikapi dengan positif sehingga respons yang keluar dari dirinya pun positif. Inilah maksud hati yang selamat yang akan membuat diri kita selamat pula karena kondisi hati akan terpancar melalui perilaku dan tutur kata kita.

Biasanya, orang yang bersih hatinya ketika diperlakukan seperti apapun, bahkan dihina, direndahkan, dicaci, akan tetap tenang, tidak mudah terpancing, selalu mudah mendinginkan hati dan pikirannya sehingga tidak terpancing emosi.

  1. Ibadah harus bagus

Jurus kedua agar hidup kita diurus Allah SWT adalah dengan terus memperbaiki kualitas ibadah kita dari hari ke hari. Setiap kali menemui problem hidup, manusia sibuk memikirkan masalahnya dan sibuk ke sana kemari mencari jalan keluar. Padahal yang semestinya dilakukan terlebih dulu adalah introspeksi diri, termasuk memeriksa apakah ibadah kita sudah beres atau belum.

Tidak ada yang Maha Memiliki solusi kecuali Allah SWT. Masalah terjadi pasti karena izin Allah SWT dan tidak ada yang memiliki solusinya kecuali hanya Allah SWT. Maka jika kita ingin beres dalam menghadapi berbagai masalah dalam hidup ini, kuncinya adalah bereskan dulu urusan ibadah kita kepada Allah SWT agar langkah kita dalam ikhtiar menemukan jalan keluar dan ada dalam bimbingan Allah SWT.

  1. Hidup harus lurus

Sebagai orang beriman kita meyakini bahwa hidup ini punya misi besar, yaitu untuk beribadah kepada Allah SWT. Segala rangkaian dalam hidup ini semuanya dalam rangka penghambaan kepada Allah dan ketaatan kepada-Nya.

Apa yang kita lakukan, segala yang kita ucapkan, bahkan yang kita niatkan dalam hati, semuanya sebagai ibadah kepada Allah SWT. Inilah hidup yang lurus. Mengapa ada orang yang celaka dalam hidupnya? Boleh jadi karena hidupnya melenceng dari prinsip-prinsip lurus tadi.

  1. Ikhtiar harus serius

Allah SWT berfirman, “Dan orang-orang yang bersungguh-sungguh untuk (mencari keridaan) Kami, benar-benar akan Kami tunjukkan kepada mereka jalan-jalan Kami. Dan sesungguhnya Allah benar-benar beserta orang-orang yang berbuat baik.” (QS Al-Ankabut [29]: 69).

Betapa banyak urusan dunia ini yang awalnya tampak tidak mungkin bahkan terasa mustahil, tapi ternyata bisa digapai. Pada banyak kejadian, ada pula orang-orang yang malah mampu melampaui target dari apa yang bisa dibayangkan sebelumnya. Semua itu tidak lepas dari keseriusan dalam berikhtiar.

  1. Taubat terus menerus

Allah SWT berfirman, “…. Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun, niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat dan membanyakkan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai.” (QS Nuh [71]: 10-12).

Bagi siapa saja yang merutinkan taubat, maka Allah SWT akan memberinya karunia yang tak terhingga, di antaranya adalah Allah memberikan ketenangan dan kelapangan di dalam hatinya dari keadaan sebelumnya yang sesak, sempit, galau, dan tertekan.

Allah juga akan memudahkan ia menemukan jalan keluar dari permasalahan yang dihadapi. Allah pun akan memudahkan jalan rezeki dan pertolongan untuknya dari arah yang tiada pernah ia duga.

Judul : 5 Jurus Agar Hidup Allah yang Urus
Penulis : Abdullah Gymnastiar
Penerbit : MQS Publishing, Bandung, 2019
Isi : viii + 209 hlm

*) Penulis adalah mantan dosen filsafat FKM-UI dan kini magang di Yayasan Madani

798 Total Views 3 Views Today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Layanan konseling via emailEmail Counselling
+ +