Kenalan Yuk dengan Metode BPSS!

madanionline.org — Kecenderungan terapi yang digunakan sekarang ini adalah terapi yang menggunakan metode BPSS. BPSS sendiri merupakan singkatan dari Biologik, Psikologik, Sosial, dan Spiritual.

 

Terapi biologik adalah terapi dengan obat-obatan. Terapi psikologik adalah terapi melalui konsultasi. Terapi sosial adalah terapi adaptasi. Dan, terapi spiritual adalah terapi agama.

 

Setiap terapi haruslah holistik, integratif, atau terpadu. Dengan kata lain, setiap terapi harus memuat unsur biologik, psikologik, sosial, dan spiritual. Jika dalam suatu terapi meninggalkan salah satu dari empat unsur tersebut, maka masa pemulihan yang dibutuhkan dari terapi tersebut akan lebih lama.

 

Integrasi agama dengan ilmu kedokteran jiwa (psychiatry') dan kesehatan jiwa (mental health) telah berkembang sejak 1984. Hal ini diprakarsai oleh WHO (World Health Organization). Lalu, diikuti oleh APA (American Psychiatric Association) pada 1992 dan WPA (World Psychiatric Association) pada 1993.

 

Dengan adanya integrasi ini maka rumusan sehat yang pada awalnya BPS (Biologik-Psikologik-Sosial) bermetamorfosis menjadi BPSS (Biologik-Psikologik-Sosial-Spiritual).

 

Dari rumusan di atas dapat kita lihat bahwa orang sekarang mulai mengakui faktor spiritual (agama) dalam bidang kedokteran. Kita mulai merasakan bahwa agama berperan begitu luas dalam kehidupan. Maka sebuah terapi yang masih mengesampingkan unsur agama merupakan sebuah terapi yang sudah tidak update lagi dengan perkembangan ilmu kedokteran terkini.

 

Kepribadian yang baik merupakan penjelmaan dari pikiran, perasaan, dan perilaku yang bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain. Kepribadian yang baik disebut juga akhlak mulia, akhlakul karimah, atau akhlak mahmudah.

 

Seorang pakar berkata, "No religion without moral, no moral without law". Agama tidak ada jika moral tidak mampu ditegakkan. Moral tidak pernah akan kita temukan dalam kehidupan apabila tidak ada hukum yang dilaksanakan.

 

Pentingnya peranan agama dalam ilmu kedokteran jiwa dan kesehatan jiwa telah diakui oleh para pakar kedokteran jiwa dan kesehatan jiwa di seluruh dunia.

843 Total Views 3 Views Today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Layanan konseling via emailEmail Counselling
+ +