Layanan konseling via emailEmail Counselling
+ +

Love our website? Signup to our list to keep current on the awesome stuff we’re doing.

Keluarga Besar Mujahid Madani, Berkumpul dan Bergembira dengan Sepenuh Cinta

(Catatan Sobekan Family Gathering Yayasan Madani Mental Health Care di Buni Ropes Ciputat Tangerang Selatan pada Sabtu, 11 Januari 2020)

Oleh : Mohamad Istihori

Salah satu momen penting dalam sebuah perusahaan, yayasan, atau komunitas adalah kumpul keluarga (family gathering). Untuk itulah Yayasan Madani Mental Health Care (MMHC) menggelar sebuah agenda bertajuk Family Gathering Yayasan Madani Mental Health Care 2020 di Buni Ropes Ciputat Tangerang Selatan pada Sabtu, 11 Januari 2020 mulai pukul 09.00 sampai dengan 15.00 WIB.

Dalam momen tersebut yang berkumpul bukan hanya keluarga inti. Namun, para Mujahid Madani juga ada yang mengajak mertua, keponakan, adik ipar, dan anggota keluarga yang lainnya.

Family Gathering (FamGath) juga sangat penting untuk refreshing (penyegaran). Di tengah kesibukan Mujahid Madani melayani tugas pelayanan pemulihan bagi para korban penyalahgunaan narkoba dan gangguan jiwa, FamGath dapat menyegarkan pikiran sehingga diharapkan dapat bekerja kembali di Madani secara optimal.

Apalagi acara dibawakan oleh Ust. Harid Isnaini dengan sangat cair dan mengalir sehingga acara berjalan dengan penuh keceriaan dan kegembiraan. Acara saling ejek dan ceng-cengan menambah kesemarakan FamGath sehingga mampu mengendorkan kembali ketegangan urat syaraf tanpa ada satu pun pihak yang “baper”.

Semua peserta duduk lesehan di atas tikar dan spanduk bekas berbagai acara Madani yang pernah digelar sebelumnya. Di tengah taman yang asri dan dikelilingi tanaman. Ada danau dan juga kolam renang di sekeliling lokasi acara.

Yel-yel pun lahir secara spontan. “Keluarga Madani!” ujar pembawa acara. Dijawab serentak oleh seluruh peserta, “Makmur! Sejahtera! Bahagia!”. Ust. Samsul bertugas sebagai Pembaca Kalam Illahi pada pagi hari ini. Melalui ayat yang dibaca, beliau mengajak pada kita semua untuk senantiasa bersyukur atas segala nikmat yang telah Allah berikan. Sehingga Allah menambahkan nikmat tersebut. Jangan sampai kita kufur terhadap nikmat yang telah Allah berikan karena azab Allah sangat pedih bagi siapapun saja yang kufur nikmat. “La-in syakartum laaziidannakum wala-in kafartum inna `azaabii lasyadiid. ” “Maha Benar Allah dengan segala firman-Nya.”

Acara kemudian diselingi dengan pembagian konsumsi yang dikomandoi oleh Ibu Santi. Konsumsi terdiri dari dua jenis. Pertama, konsumsi untuk orang dewasa. Kedua, konsumsi untuk anak-anak. Sebelum konsumsi untuk anak-anak dibagikan, panitia mengarahkan mereka untuk berdiri di depan spanduk FamGath Madani untuk difoto bersama.

Kemudian anak-anak diajak berbaris oleh dua instruktur dari Buni Ropes yaitu Kak Ati dan Kak Andini. Sementara anak-anak menjalani berbagai lomba seperti bermain outbond, lomba memindahkan bola dengan bambu, lomba menangkap ikan, dan diakhiri dengan berenang bersama, acara dilanjutkan dengan kata sambutan dari Ketua Yayasan MMHC, Ust. Darmawan, SAg.

Dalam sambutannya Usdar bercita-cita, Madani pada suatu hari juga mampu memiliki sebuah wahana outbond seperti ini di Jasinga Bogor. Beliau juga mengungkapkan syukur karena Enyak (ibu kandung Usdar) sebagai Pusaka Madani, Uti (ibu kandung Bu Santi dan Bu Sinta), Pak De Agus (Pembina Madani), Ayah dan Ibu Ust. Samsul yang datang jauh-jauh dari Tasik, dan para sepuh Madani yang lain yang sudah hadir dalam FamGath 2020 kali ini.

“Semoga yang cerah hari ini tidak hanya cuacanya namun juga hati kita semua ikut cerah dengan menjalani acara FamGath 2020 kali ini,” ujar Usdar sambil menutup kata sambutannya.

UGyn kemudian mengajak seluruh peserta untuk bersama-sama istighfar, sholawat, berdoa, dan hamdalah supaya acara hari ini senantiasa diiringi dengan cerahnya cuaca sepanjang hari dari mulai sampai selesai.

Sambil menunggu beberapa keluarga yang belum tiba. Yaitu keluarga Ust. Yuki, Ust. Rizal, dan Ust. Yanto yang masih dalam perjalanan, acara dilanjutkan dengan lomba untuk pasangan suami-istri yaitu lomba cocokologi serta lomba tiup balon sampai pecah dan lomba menggiring balon masing-masing untuk suami dan istri.

Azan Dzhuhur berkumandang. Kami pun bersiap melaksanakan Sholat Dzhuhur berjama`ah. Dengan sigap panitia menggelar tikar dan spanduk bekas di tengah taman. Usai semua berwudhu kami berjama`ah Dzhuhur di tengah rimbun pohon dan ditemani teriakan anak-anak yang sedang berenang di dalam kolam renang di samping taman.

Perut yang mulai keroncongan kami isi dengan nasi box yang sudah dibagikan panitia usai kami melaksanakan Dzhuhur berjama`ah. Setelah perut kenyang kami diberikan rasa tegang karena pengocokan doorprize. Satu per satu hadiah dikeluarkan dan diberikan sesuai nama yang mendapatkannya.

Berikut adalah nama-nama penerima doorpize FamGath Madani 2020 yang dicatat oleh Kang Andriyan :

  1. Kulkas = Sarojah
  2. TV LED = Ust. Faisal
  3. Mesin cuci = Kang Asep
  4. Speaker aktif = Mba Santi
  5. Kompor gas = Ust. Ginanjar
  6. Termos 15 liter = Dimroh
  7. Termos 15 liter = Kang Andriyan
  8. Dispenser 10 liter = Ust. Yanto
  9. Dispenser 10 liter = Ust. Samsul
  10. Lampu emergency kecil = Ust. Rizal
  11. Lampu emergency kecil = Ust. Ahmad Jami
  12. Lampu emergency kecil = Wa Udin
  13. Lampu emergency besar = Damirah
  14. Lemari plastik 3 susun = Ust. Yuki
  15. Lemari plastik 3 susun = Ust. Hasan
  16. Kipas angin = Bro Prayudho Utomo
  17. Panci masak kecil = Mpok Uwes
  18. Panci masak kecil = Bang Apud
  19. Panci masak sedang = Ust. Darmawan
  20. Panci masak besar = Kang Iwan
  21. Power bank 6600 MAH = Ust. Rudi
  22. Power bank 6600 MAH = Ust. Ali Yahya Rambe
  23. Power bank 6600 MAH = Istihori
  24. Tiker plastik = Ust. Fuad Salim
  25. Tikar piknik busa = Bpk. Karkim
  26. Tikar piknik lipat = Bro Indra
  27. Tikar piknik lipat = Bpk. Tatung
  28. Tikar piknik lipat = Mbak Ana
  29. Tikar piknik lipat = Pak Widiya
  30. Tikar piknik lipat = Mbak Sinta
  31. Tikar piknik lipat = Bpk. Suryanto
  32. Setrika = Kang Dimas
  33. Setrika = Ust. Harid Isnaeni
  34. Payung = Ust. Ade
  35. Payung = Bang Taufik
  36. Payung = Ibu Sriyati
  37. Payung = Pak De Agus
  38. Tabung Gas = Bpk. Didin Jaenudin (Sabam)

Tiga puluh delapan orang Mujahid Madani menerima hadiah dengan senang hati. Sesuai dengan rezekinya masing-masing. Yang mendapatkan hadiah utama harus lebih kencang bersyukurnya. Yang mendapatkan hadiah nonutama pun harus tetap menjaga rasa syukurnya karena yang utama bukan hadiah yang didapatkan melainkan kebermanfaatan hadiah tersebut dalam kehidupan.

Acara tukar kado digelar usai pengundian doorprize. Tak lupa anak-anak juga mendapatkan kado dari panitia. Ust. Faisal kemudian menutup acara dengan doa bersama. Seluruh Mujahid Madani beserta keluarga pun melakukan foto bersama sebelum kami semua meninggalkan Buni Ropes dan kembali ke rumah masing-masing.

288 Total Views 9 Views Today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Layanan konseling via emailEmail Counselling
+ +