Kamus Istilah Dunia Rehabilitasi

Kamus Istilah Narkoba
1. Sirkumstansial Situasional: Penyalahgunaan narkoba hanya dilakukan ketika remaja sedang menghadapi masalah pribadi.
2. Community Based: Kegiatan/aktivitas/program yang dilakukan/bertumpu oleh/dalam masyarakat itu sendiri.
3. Campaigning Strategy: Strategi kampanye (mengenalkan bahaya penyalahgunaan)
4. Compulsived: Remaja penyalahguna narkoba mengkonsumsi narkoba dengan pola kecanduan.
5. Demand Reduction: Pengurangan permintaan. Pencegahan penggunaan narkoba ilegal. Beberapa pendekatan pencegahan termasuk; 1) memberi pendidikan dan informasi yang mendidik pada masyarakat umum, kaum muda (progam dalamsekolah) dan pengguna narkoba, agar orang dapat mengambil keputusan berdasarkan informasi mengenai cara hidup yang sehat; 2) terapi ketergantungan untuk pengguna narkoba termasuk detoksifikasi (jika pantas berada di bawah pengawasan medis), terapi pemeliharaan metadon dan rehabilitasi secara sosial dengan mendorong kemungkinan kerja dan memadukannya kembali pada masyarakat; 3) pengembangan komunitas yang menghadapi masalah kemiskinan, kesempatan ekonomis dan memadukan orang dalam bentuk sosial yang berarti.
6. Detoksifikasi: Program yang diawasi media untuk pengguna narkoba waktu mereka disapih dari ketergantungan narkobanya. Dapat dilaksanakan dalam lembaga, sebagai pasien rawat inap, dalam komunitas, atau di rumah.
7. Drug Addiction: Kondisi di mana seseorang merasa tergantung pada obat tertentu, melebihi dosis yang ditentukan.
8. Drug Demand Reduction: Pencegahan penggunaan narkoba ilegal.
9. Experimental Stage: Tahapan pemula/coba-coba bagi penyalahguna.
10. Family Supporting Group: Kelompok keluarga yang saling membantu dalam memberi dukungan untuk mengatasi masalah narkoba.
11. Half Way House: Metode penyembuhan bagi penyalahguna tanpa harus menjadi pasien rawat inap.
12. Harm Reduction: Pengurangan dampak buruk. Definisi yang diterima secara umum belum muncul, namun unsur pokok yang umum adalah mengurangi dampak penggunaan narkoba yang bahaya atau merugikan tanpa harus mengurangi penggunaan narkoba.

166 total views, 1 views today