Layanan konseling via emailEmail Counselling
+ +

Love our website? Signup to our list to keep current on the awesome stuff we’re doing.

“Innamal Khomru bukan Innamaa Shabu-Shabu?”

(Menangkal Pikiran Keliru Tentang Shabu-Shabu)

Oleh : Mohamad Istihori

Al Quran secara gamblang dan jelas mengharamkan khomar. Namun, untuk berbagai jenis narkoba termasuk misalnya Shabu-Shabu tak terdapat dalil yang tersurat yang mengharamkannya.

Inilah yang menjadi celah bagi seorang pengajar ilmu Syariah dan Bahasa Arab bernama Ahmad Marzuki (46 tahun) untuk memengaruhi para santrinya bahwa Shabu-Shabu adalah halal. Boleh dikonsumsi.

Selama 10 tahun peristiwa tersebut terjadi. Dalam rentang waktu itu Marzuki mengelabuhi banyak orang sambil berdalih, “Dalam Al Quran kan yang dilarang ‘khomar’ bukan shabu-shabu atau jenis narkoba yang lain. Firman Allah itu berbunyi, ‘Innamal khomru…’ bukan ‘Innamaa shabu-shabu…’ Ayat tersebut bercerita tentang khomar. Khomar itu cairan anggur. Lalu, kenapa Shabu-Shabu ikut haram?”

Padahal jelas bahwa mayoritas ulama mengharamkan Shabu-Shabu dan jenis narkoba yang lain melalui qiyas. Hukum agama tertinggi adalah Al Quran. Kedua, Hadits. Ketiga, ijma. Dan keempat, qiyas.

Dari Al Quran, Hadits, dan Ijma memang tidak ada dalil mengenai haramnya Shabu-Shabu. Jika kita telaah memang dari Surat Al Fatihah sampai An Naas tidak akan kita temukan satu pun ayat yang menerangkan bahwa Shabu-Shabu dan jenis narkoba yang lain itu adalah haram.

Tapi jika ditinjau berdasarkan dalil qiyas terdapat sebuah hadits yang dikemukakan Umar bin Khottob RA, “Khomar adalah segala sesuatu yang menutup akal.” (HR Bukhari Muslim).

Jika khomar dapat menutup atau melemahkan akal sehingga kita tidak dapat membedakan mana yang benar dan mana yang salah. Shabu-Shabu pun dapat menutup atau melemahkan akal. Maka Shabu-Shabu diqiyaskan dengan khomar hukumnya dalam Islam adalah haram karena sama-sama melemahkan dan melenyapkan akal manusia seperti yang diungkapkan Umar bin Khottob RA. Dalam hadits tersebut.

~Jum`at, 24 Januari 2020, 19:33 WIB

1041 Total Views 6 Views Today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Layanan konseling via emailEmail Counselling
+ +