Dengan Berarum Jeram, Stres pun Padam

Oleh: Prayudho Utomo

Dalam kompleksnya rutinitas kehidupan masyarakat di kota metropolitan seperti Jakarta, Surabaya, Bandung, dan lain-lain, juga dengan tingginya tuntutan dan tekanan, semua itu dapat berpotensi menyebabkan stres dan depresi.

Prof. Dr. dr. H. Dadang Hawari, Psikiater dalam bukunya yang berjudul “Stres, Cemas, dan Depresi” menjelaskan bahwa orang yang mengalami stres menunjukkan reaksi tubuh (biologik) yang sifatnya nonspesifik rehearsal. Setiap tuntutan menjadi beban, tekanan, bahkan menjadi permasalahan kehidupan.

Hal ini dapat menjadi pencetus berbagai keluhan yang bersifat fisik, misal:
1. Rasa letih
2. Keluhan pada lambung (maag)
3. Keluhan pada jantung (berdebar-debar)
4. Keluhan pada otot punggung dan tengkuk (tegang)
5. Daya konsenterasi dan daya infant menurun (tidak fokus)
6. Dan lain-lain.

Selain itu dapat juga menimbulkan keluhan-keluhan bersifat nonfisik, misal:
1. Tidak santai
2. Perasaan tidak tenang dan ketegangan emosional
3. Gangguan tidur disertai mimpi
4. Aktivitas harian terasa membosankan
5. Kemampuan memberi respon terhadap situasi memudar
6. Ketakutan kecemasan, mudah bingung, dan panik
7. Kelelahan fisik dan psikis semakin mendalam
8. Pingsan atau kolaps, dan
9. Akhirnya takut mati

Untuk mengurangi keluhan-keluhan di atas dapat dilakukan dengan bermacam-macam cara. Salah satunya dengan kegiatan arum jeram (rafting). Dalam kegiatan arum jeram kita dapat membebaskan diri dari kehidupan yang monoton. Rafting dapat membawa kita keluar dari kota yang penuh dengan kebisingan ke lingkungan yg lebih tenang. Rafting yang penuh dengan aktivitas fisik juga dapat mengalihkan pikiran yang jenuh.

Dalam pengarungan di sungai yang sarat akan jeram maka akan melatih fokus dan konsenterasi kita. Dengan kegiatan ini kita otomatis akan berada di air yang memiliki unsur penyembuhan, maka otak kita pun menjadi lebih segar. Oleh karena itu, kegiatan rafting ini sangat baik untuk kesehatan fisik dan mental.

Madani Training Centre (MTC) telah memfasilitasi berbagai kegiatan rafting sejak 2015 untuk sekolah, universitas, lembaha swasta, komunitas, group company, bahkan dinas atau instansi pemerintahan, beberapa contoh yaitu SMK Bistek, Sekolah International Mentari, Dinas Kesehatan Kota Bekasi, Puskesmas Sekota Bekasi, dan lain-lain. Semoga bermanfaat. Yuk, kita hidup sehat, melepas penat, dan menjauhi maksiat.

606 Total Views 3 Views Today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Layanan konseling via emailEmail Counselling
+ +