Dari Madani Menuju Pulau Pramuka, Kep. Seribu

(Catatan 1, Madani Outbond, Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu, 23-25 November 2017)

madanionline.org – Dua bus sudah sejak pagi menunggu rombongan Madani Outbond Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu pada Kamis, 23 November 2017. Setelah memastikan semua peserta berada di lokasi keberangkatan, Pukul 06.00 WIB kami pun berangkat menuju Muara Angke.

(Foto 1)

Bus yang kami naiki menemui titik kemacetan di beberapa lokasi. Untuk menghilangkan kejemuan di sepanjang perjalanan, kami pun karokean. Sebagian peserta ada yang bersandar sambil memejamkan mata. Sebagian yang lain asyik menikmati perjalanan.

Sekitar sejam kemudian kami tiba di Muara Angke yaitu pukul 07.00 WIB. Panitia kembali memeriksa seluruh peserta dan memasukkan seluruh barang bawaan ke perahu yang akan kami tumpangi. Perlahan namun pasti kapal berlayar meninggalkan Muara Angke pada sekitar pukul 07.30 WIB menuju Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu.

(Foto 2)

Pukul 09.00 WIB merupakan waktu yang sangat dinantikan sebagian peserta. Yaitu pembagian snack. Sedari tadi memang ada beberapa peserta yang terlihat bolak-balik kapal.

Saya tanya, “Kamu kenapa?”

Ia menjawab, “Lapar Pak!”

“Sabar ya. Sebentar lagi panitia akan membagikan makanan,” ujar saya yang membuatnya kembali duduk di tempat semula.

(Foto 3)

Semakin mendekati tujuan, goncangan ombak semakin kencang. Saya jadi teringat sebuah nasihat yang mengatakan bahwa memang seringkali pada saat sebentar lagi mencapai tujuan yang kita idam-idamkan akan semakin banyak ujian yang menghadang.

Hal seperti ini juga dialami oleh para pelajar yang menghadapi ujian terberat bagi mereka sesaat sebelum lulus dari sekolah. Ujian tersebut kita kenal dengan istilah Ujian Nasional (UN).

Sayangnya banyak orang yang mundur karena tidak kuat menghadapi beratnya ujian. Padahal tujuannya hanya tinggal beberapa langkah lagi.

Pukul 10.30 WIB akhirnya kami sampai juga di tempat tujuan. Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu, Jakarta. Kami pun segera menuju Villa Shafir. Segelas es campur menyambut kedatangan kami. Perjalanan yang sangat melelahkan “terobati” dengan welcome drink tersebut.

(Foto 4)

(Mohamad Istihori)

117 Total Views 9 Views Today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Layanan konseling via emailEmail Counselling
+ +