Layanan konseling via emailEmail Counselling
+ +

Love our website? Signup to our list to keep current on the awesome stuff we’re doing.

BPSS Sebagai Gaya Hidup Kekinian

de6e1a4a-497c-49f7-b3a8-3e9d5dd3d888Oleh: Ahmad Jami Hadiwibowo, S.Sos.I

Hidup adalah anugerah yang diberikan oleh Allah Sang Maha Menghidupkan.  Orang hidup akan bergerak dan memenuhi apa yang dibutuhkannya. Kemampuan dalam memenuhinya akan membawa pada kebahagiaaan, kepuasan, dan rasa bangga.

Manusia hidup dan beragama akan memiliki kualitas yang lebih baik. Agama mempunyai peran yang sangat penting dalam menata dan mengelola hidup yang teratur, bersih,  sopan, santun, dan terpuji. Agama memberikan solusi kehidupan dari lahir sampai mati.

Tatanan hidup masyarakat dengan perubahan sosial yang cepat seperti saat ini, mengharuskan kita memiliki pegangan dan kendali yang pasti, jelas, transparan, otentik, dan bisa dipertanggungjawabkan. Islam mewariskan al Quran dan as Sunnah sebagai pedoman hidup dipandang sangat ideal dan kekinian dengan tokoh Muhammad Saw sebagai manifestasi al Quran yang dapat dijadikan idola.

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Slogan tersebut senada dengan tuntunan Islam, "Ingat lima perkara sebelum lima perkara" salah satunya adalah sehat sebelum sakit. Sehat yang holistik di antaranya sehat secara Biologik (fisik), Psikologik (jiwa, rasa), Sosial (hubungan sesama makhluk), dan spiritual (agama).

Inilah gaya hidup kekinian BPSS, porsi hidup yang equal atau berimbang yang akan meminimalisir resiko masalah kehidupan yang beragam. Dalam skema yang saya kutip dari buku karya Prof. Dr. dr. H. Dadang Hawari, Psikiater  berjudul “Our Children Our Future“ hal. 17, dapat menjelaskan bahwa manusia membutuhkan empat dimensi tersebut dalam kehidupan.

75be0396-d920-4919-b599-ddbc39fc62baMewujudkan pemenuhan empat dimensi tersebut perlu ada dukungan dan keteribatan secara langsung dan tidak langsung dari beberapa kutub yang mempengaruhinya. Di antaranya keluarga, masyarakat, dan sekolah. Ketiga kutub tersebut, merupakan lingkungan yang sering berinteraksi dan komunikasi verbal maupun nonverbal juga memiliki pengaruh yang sangat besar.

Selama hidup  di dunia ini masalah yang akan dialami sangat beraneka ragam. Manusia diberikan akal/logika, berbeda dari makhluk lainnya. dengan akal tersebut manusia diberikan kewenangan untuk mengambil keputusan baik atau buruk sesuai dengan keinginan dan kebutuhannya. "Setiap orang bertanggung jawab atas apa yang dilakukannya" (QS. Al Muddatsir: 38)

Gangguan mental dan perilaku yang terjadi di kalangan anak/remaja/ masyarakat saat ini sangat beragam. Minuman keras yang.beredar tanpa kontrol yang kuat, Narkoba dengan berbagai jenisnya yang terus berkembang, perilaku seks bebas, tawuran, pemerkosaan, perampokan, dan lainnya merupakan informasi yang sering dan tidak asing kita dengar. Sungguh mengerikan dan mengkhawatirkan bagi para orangtua dan siapapun yang mendambakan kedamaian dan kenyamanan dalam hidup khususnya yang memiliki anak dan remaja.

Pada hari ini tanggal 1 Sesember 2016, hari AIDS Sedunia. Miras, Narkoba, dan HIV/AIDS adalah penyakit mental dan perilaku. Sampai kini tidak ada obat yang dianggap berhasil mematikan virus tersebut. Upaya pencegahan jauh lebih baik daripada pengobatan maupun rehabilitasi. bagi para ODHA memerlukan penanganan dengan pendekatan BPSS. Peringatan hari ini diharapkan dapat menekan jumlah pengidap HIV/AIDS di Indonesia dan dunia. Peringatan ini mengajak seluruh elemen masyarakat untuk tetap dan  kembali pada hidup yang sehat, benar, dan menjauhi kemaksiatan.

Berbagai aksi simpatik pada hari ini khususnya oleh Madani Mental Health Care melalui berbagai tulisan yang disyiarkan melalui website dan media sosial lainnya, mengajak kepada semuanya untuk hidup sehat BPSS, menjadi anak/remaja, orang tua, masyarakat, dan intitusi yang peduli dan peka terhadap masalah ini, sehingga secara bersama dalam berbagai kutub untuk mencegah penyakit gangguan mental dan perilaku masyarakat ini yang merajalela.

Bagi para ODHA;  hilangkan rasa putus asa, terimalah dengan ikhlas apa yang terjadi saat ini, mohon ampun kepada Sang Maha Pengampun dan Penerima Taubat, hidup sehat dan tinggalkan masa lalu yang buruk. Maksimalkan nafsu, hati, dan pikirmu untuk kebaikan dan kebaikan. Minumlah obat secara teratur dan konsultasikan apapun yang anda rasakan kepada ahlinya.

Mari hidup sehat holistik BPSS: BIOLOGIK, PSIKOLOGIK, SOSIAL, DAN SPIRITUAL. Inilah gaya hidup kekinian buat kita semua.

1626 Total Views 3 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Layanan konseling via emailEmail Counselling
+ +