Bersama Madani Menuju Masyarakat Tanpa Depresi agar Terhindar dari Perilaku Bunuh Diri

Oleh : Mohamad Istihori

Perilaku akibat gangguan jiwa depresi kembali terjadi. Kali ini terjadi pada dua kakak-adik. Si kakak berumur 34 tahun  berinisial EP dan adiknya baru berumur 28 tahun dengan inisial ESP.

Mereka berdua nekat memutuskan untuk mengakhiri hidup dengan cara bunuh diri. Keduanya lompat dari Apartemen Gateway, Jln. Ahmadyani, Bandung pada Senin sore, 24 Juli 2017. Pihak keluarga yang diwakili oleh Rionald Parubak menyampaikan keduanya memang sudah lama mengalami gangguan psikis selama kurang lebih delapan tahun.

Melalui peristiwa ini dan beberapa kasus bunuh diri yang terjadi sebelumnya, termasuk kasus bunuh diri yang belum lama terjadi yang menimpa Chester Bennington. Vokalis grup musik Linkin Park itu juga mengakhiri hidupnya dengan cara gantung diri akibat gangguan depresi karena sudah tidak kuat menahan kecanduan terhadap miras dan narkoba.

Kita sangat tidak berharap ada lagi saudara kita yang bunuh diri karena depresi. Kita harus terus memperkuat faktor psikologis agar terhindar dari perilaku ini. Berbagai jasa konseling di berbagai daerah untuk menanggulangi masyarakat yg semakin tertekan harus terus diperbanyak kualitas dan kuantiasnya.

Kita dapat mengatasi berbagai permasalahan hidup yang semakin meresahkan dengan cara mengkomunikasikan masalah yang kita miliki dengan orang-orang terdekat yang kita percayai atau dengan mendatangi para profesional yang dapat memberikan bantuan seperti seorang Psikiater atau Psikolog.

Pusat Pemulihan Madani Mental Health Care sebagai lembaga rehabilitasi yang konsen menangani permasalahan gangguan jiwa sudah banyak menanggulangi berbagai macam klien dengan risiko bunuh diri. Pelayanan konseling di Madani sangat komprehensif karena melibatkan psikiater, psikolog, dan konselor untuk membantu klien pulih dari gangguan jiwa yang dimilikinya.

Saat ini ada beberapa klien Madani yang mengalami riwayat usaha  bunuh diri. Setelah menjalani terapi yang memadukan unsur biologis-psikologis-sosial-spiritual (BPSS) perkembangan mereka pun semakin baik bahkan sudah bisa kuliah lagi. Mereka kini sudah dapat tersenyum kembali walaupun mereka tetap masih membutuhkan penanganan yang lebih lanjut.

Mari bersama Madani kita bangun masyarakat tanpa depresi agar terhindar dari perilaku bunuh diri. Jangan Anda merasa sendiri karena Madani selalu siap menemani dan bersama mencari solusi. Di bawah ini adalah daftar layanan konseling yang patut Anda simpan karena mungkin suatu hari nanti Anda akan membutuhkan:

“Sahabat Madani”

Facebook: https://web.facebook.com/sahabatmadaniku/

Twitter: https://twitter.com/sahabatmadaniku

Email: pressmadani@gmail.com

Web: madanionline.org

Semoga dapat membantu. Salam berobat, bertobat, dan bersahabat.

(Jakarta, 25 Juli 2017)

384 Total Views 3 Views Today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Layanan konseling via emailEmail Counselling
+ +