Layanan konseling via emailEmail Counselling
+ +

Love our website? Signup to our list to keep current on the awesome stuff we’re doing.

Berbagi untuk Memanusiakan Manusia

Senin, 20 Juli 2020, Madani Mental Health Care memenuhi undangan untuk melakukan penyuluhan bertajuk, “Deteksi Dini Penyalahgunaan Narkoba” di Pesantren Agroekologi Bairul Ulum, Desa Cisarua Kecamatan Nanggung Bogor Barat.

Pesantren ini sangat peduli dengan penyimpangan perilaku sosial di masyarakat desa, perubahan ini mulai terlihat sejak adanya pertambangan emas di Gunung Pongkor dan sekitarnya. Masyarakat desa yang tadinya petani menjadi penambang emas sehingga lahan pertanian pun mulai terbengkalai. Masyarakat mulai meninggalkan sawah dan kebun untuk mencari penghidupan yang lebih instan dengan mencari emas walaupun menempuh risiko yang sangat besar yaitu kehilangan nyawa.

Dengan penghasilan yang instan tersebut maka terjadi banyak pergeseran nilai sosial yang cukup signifikan. Mulai masuknya teknologi yang mendorong masuk informasi secara besar dan mendadak ini memengaruhi perilaku sosial yang negatif.

Salah satunya tentang penyalahgunaan narkoba di kalangan remaja dan para tenaga penambang. Ternyata setelah beberapa responden menyampaikan bahwa para penambang sebelum masuk ke dalam lubang tambang mereka menggunakan stimulan untuk menambah semangat dan keberanian dalam bekerja.

Jenis narkoba yang biasa mereka gunakan adalah shabu-shabu dan setelah mendapatkan hasil mereka berkumpul untuk minum alkohol. Begitu pula dengan para remaja yang banyak putus sekolah karena mudahnya mencari uang di lahan pertambangan, mereka menyampaikan sekolah tidak penting karena berbayar sedang jika mereka ke tambang pasti ada uang.

Banyak anak-anak remaja di sana yang mulai mengonsumsi miras dan obat- obatan penenang sebagai bukti bahwa mereka akan terlihat lebih keren.

Oleh karena itu, Pesantren Agroekologi Bairul Ulum bersama dengan Madani Mental Health Care mencoba untuk memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat setempat tentang deteksi dini dan bahayanya penyalahgunaan miras dan narkoba.

Kami menyampaikan kepada Karang Taruna Desa dan sangat diapresiasi karena mereka tidak pernah mendapatkan informasi dan edukasi tersebut, dan berharap ada kelanjutan dengan program yang lain untuk membantu mengatasi masalah peredaran narkoba di desa mereka.

Selain memberikan edukasi Madani Mental Health Care juga membawa santrinya yang memiliki kemampuan seni rupa seperti melukis, santri Madani tersebut memberikan pengetahuannya tentang warna dan praktek menggambar untuk para santri di pesantren tersebut, dan responnya sangat bagus dan pihak pesantren berharap terus bersinergi dengan Madani dalam pembinaan santri serta kepedulian terhadap masyarakat.

Dengan berbagi ini Madani Mental Health Care selain merupakan sarana rehabilitasi mental juga berperan kepada memanusiakan manusia dalam hal dakwah untuk menuju kebaikan.

(Penulis : Prayudho Utomo, Editor : Mohamad Istihori)

402 Total Views 3 Views Today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Layanan konseling via emailEmail Counselling
+ +