Adiksi dan Perubahan Akal Pikiran

Pembicara : Bro Indra Wirasetya

Banyak orang bertanya, apa itu adiksi? Adiksi adalah sebuah kecanduan yang dapat mengubah mental dan perilaku seseorang dalam kehidupan sosial dan bermasyarakat. Hal inilah yang kemudian menjadikan adiksi termasuk ke dalam penyakit sosial.

Adiksi membuat kita tidak memiliki realitas dalam kehidupan sehari-hari. Namun demikian hendaknya kita tidak menjadi paranoid dengan penyakit adiksi ini. Terutama bagi kita yang awam dengan dunia adiksi.

Penyakit adiksi dapat disembuhkan dan dipulihkan. Dengan mengembalikan fungsinya di tengah masyarakat penderita adiksi dapat kembali menjadi manusia seutuhnya. Mereka yang selalu gagal dalam menjalani proses pemulihan dan rehabilitasi, hal tersebut dikarenakan belum tumbuh kesadaran dalam hati dan pikirannya bahwa sesungguhnya ia sedang berada dalam masalah.

Memberikan kesadaran tersebut menjadi sebuah hal yang sangat penting. Apalagi adiksi merupakan penyakit kambuhan. Ketika kita tidak bersungguh-sungguh menjalani pemulihan maka peluang untuk kambuh menjadi terbuka lebar dan menganga. Inilah yang seringkali dialami oleh mereka yang keluar-masuk panti rehabilitasi untuk menjalani pemulihan.

Dibutuhkan kesabaran untuk menjalani proses pemulihan dari penyakit adiksi. Faktor agama menjadi hal lain yang tak kalah penting dalam proses pemulihan. Mereka yang sering meninggalkan sholat, 78% akan mengalami kekambuhan.

Namun bukan berarti orang yang rajin sholat tidak berpeluang menjadi adisi. Banyak juga mereka yang mengaku mengenal agama dan paham tentang kehidupan malah menjadi pelaku adiksi.

Hal ini karena dia belum memahami makna ibadah yang dikerjakan. Mereka juga mungkin belum mendapatkan edukasi yang tepat mengenai dunia adiksi. Di Panti Rehabilitasi Madani Mental Health Care (MMHC) kita bisa belajar banyak tentang adiksi. Adiksi bukanlah hal yang menakutkan. Sesungguhnya semua penyakit ada obatnya asalkan obatnya tepat.

Di Madani kita bisa belajar dan berbagi pengetahuan. Bagi para pecandu narkoba yang sedang menjalani proses pemulihan di Madani sesungguhnya mereka sedang berjuang dan berhijrah dari dunia kelam menuju kehidupan yang lebih baik.

Saya juga seorang mantan pecandu narkoba. Candu narkoba bisa dengan mudah disembuhkan asalkan kita memiliki kemauan kuat dan mempunyai tujuan hidup dengan hanya berpasrah pada Allah SWT saja. Mudah-mudahan bermanfaat. Terima kasih.

(Kultum Romadhon Madani 1439 H / 2018 M)

Video

216 Total Views 9 Views Today

One thought on “Adiksi dan Perubahan Akal Pikiran

  • 19/06/2018 at 7:47 pm
    Permalink

    Baik  sekali.. Bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Layanan konseling via emailEmail Counselling
+ +